Perubahan Pola Menyusu pada Bayi

Bayi tiba-tiba menyusu lebih sering dan lebih lama dari biasanya. Apakah ini hal yg normal?

Ya Moms, fase ini dinamakan: Fase Growth Spurt atau lonjakan kebutuhan pertumbuhan yg cepat, baik berat badan ataupun tinggi badan.

Biasanya kondisi ini terjadi di usia bayi 2 minggu, 6 minggu dan 3 bulan. Apa yang Moms bisa lakukan?

Cukup ikuti keinginan bayi. Semakin sering bayi menyusu langsung dari payudara, produksi ASI semakin meningkat. Sehingga Moms tidak perlu khawatir dengan pasokan ASInya. Juga jika Moms  rajin memerah ASI maka produksi ASI pun makin bertambah.

Hal lain yang ikut membantu meningkatkan pasokan ASI adalah kontak kulit / skin to skin contact antara Moms dan bayi. Maka di saat menyusui, biarkan tangan dan kaki bayi bebas, sehingga Moms bisa menyentuh, memegang dan  mengelus kulit bayinya… Bayi juga bisa mulai menyentuh (explore) kulit ibunya.

Yang perlu diingat dan diperhatikan dalam menyusui dengan optimal, tentu saja posisi dan pelekatan yang tepat.

Untuk memgetahui apakah posisi dan pelekatan antara Moms dan bayi saat ini sudah tepat, tidak ada rasa sakit, tidak lecet, bayi menyusui tidak terlalu lama dan sebagainya….

Silakan konsultasi ke dokter konselor laktasi PION Clinician di Klub Tumbuh Sehat (link tempat)

Moms yang juga mengalami perubahan emosi, mood dan merasa tidak berdaya dengan kondisi yang dihadapi saat ini, PION Clinician memiliki sistem pendukung dari para ahli yang bisa membantu dan memberikan dukungan yang Moms butuhkan.

 

Ira Sjaflan, MSi

Sumber pustaka:

Buku Pelatihan Konseling Laktasi, Sentra Laktasi, WHO- UNICEF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *